Senin, 09 Januari 2012

media pembelajran

A.    CIRI-CIRI MEDIA PENDIDIKAN
Gerlach dan Ely  (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (kurang efisien) malakukannya:

1.    Ciri Fiksatif ( Fixative Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu pristiwa atau objek dapat diurut dan dapat disusun kembali dengan media seperti fotografi, vidio tape, audio tape, disket komputer( atau sekarang lebih terkenal dengan sebutan flashdish dan film.
Ciri ini amat penting bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Demikian pula kegiatan siswa dapat direkam untuk kemudian dianalisis dan dikritik oleh sisiwa sejawat baik secara perorangan maupun secar kolompok.
2.    Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Tansformatif suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada sisiwa dalam waktu dua atau tiga menit denagan tknik pengambilan gambar. Pada rekaman gambar hidup (vidio, motion film) kejadian dapat diputar mundur. Media (rekam video atau audio) dapat diedit sehingga guru hanaya menampilkan bagian-bagian penting atau utama dari ceramah, pidato, atau urutan suatu kejadian dengan memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan.
3.    Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributif dari media memungkinkan suatau objek ayau kejadian ditransportasikan melaui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa denagan dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
Distribusi media tidak hanya terbatas pada suatu kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wilayah tertentu, tetapi juga media iyu misalnya rekaman video, audio, flasdish dapat disebar keseluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.






FUNGSI MEDIA PENDIDIKAN
Levie dan Lentz (1982) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu:
a.      Fungsi Atensi  media visual merupaka inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian sisiwa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaiatan dengan maksna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.      Fungsi Afektif media visual dapat terlihat dari tingkat ketingkatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.
c.       Fungsi Kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d.      Fungsi Kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memeberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi mengakomodasikan isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar